Laboratorium Ekologi

 

Laboratorium Ekologi Jurusan Biologi ITS adalah laboratorium yang mengembangkan  studi dan penelitian berkaitan dengan eksplorasi dan pengelolaan sumber daya hayati darat, pesisir, dan laut serta potensi dalam perubahan lingkungan; dan analisis bentos air tawar serta air laut, survei dan pemantauan terumbu karang  menggunakan Teknik Line Intercept Transect (LIT), serta survei dan pemantauan ikan, penelitian yang berkaitan dengan perencanaan rehabilitasi habitat, dalam upaya konservasi sumber daya hayati dan ekosistemnya. Dalam aplikasinya, Laboratorium Ekologi  Jurusan Biologi ITS memiliki kompetensi, yaitu mengembangkan kompetensi mahasiswa agar mampu menganalisis dan merencanakan pengelolaan sumber daya hayati pada berbagai ekosistem, baik alami maupun buatan, serta menganalisis kerusakan lingkungan, dampak dan upaya rehabilitasinya melalui kegiatan kuliah, praktikum, kerja praktek, maupun tugas akhir.

 

TIM LABORATORIUM EKOLOGI

Kobid/kalab : Indah Trisnawati, M.Si.,Ph.D.

Staf Pengajar dan Peneliti :

1. Dra. Dian Saptarini, M. Sc

2. Aunurohim, S.Si., DEA.

3. Dr. M. Muryono, S.Si., M.Si

4. Farid Kamal Muzaki S.Si, M.Si

5. Drs. Budi Rachman (Praktisi Selam)

6. Iska Desmawati, S.Si.,M.Si.

    


Aktivitas Laboratorium

1. Kajian pemantauan kualitas lingkungan

2. Pemantauan terumbu karang

3. Penelitian

4. Praktikum

5. Program transplantasi karang

6. Rehabilitasi Mangrove

7. Workshop dan pelatihan

 

Divisi

1. Ekologi perairan dan pesisir

2. Ekologi terrestrial/daratan

  

Layanan jasa dan pengabdian masyarakat

  1. Analisis Biologi, diantaranya adalah, analisis vegetasi : mangrove, flora darat,  Inventarisasi tumbuhan dan hewan, analisis indeks stomata untuk pemantauan kualitas lingkungan, pengamatan dan identifikasi burung (avifauna), identifikasi dan Analisis ikan (Analisis kualitatif), identifikasi dan analisis plankton : zooplankton, fitoplankton, identifikasi

  2. Mangrove field station : laboratorium alam, rehabilitasi mangrove

     

Pelatihan/ workshop :

  1. Bioekologi: teknik pengambilan sampel untuk ekosistem darat, pesisir, dan laut

  2. Ekowisata : pemodelan, manajemen, perencanaan, dan financial prospective,

  3. Pelatihan teknik menyelam dan pemeliharaan alat selam maupun tugas akhir.

  4. Pembinaan pelajar dan guru sekolah menengah : olimpiade sains, persiapan sekolah bertaraf internasional

  5. Penyewaan alat sampling : Eckman Grab, Water Sampler, Surber Net, Secchi Disc, Plankton Net (Small Plankton Net, Kitahara plankton net, Norpac Plankton Net), Alat Selam/Scuba Diving Set, Alat Skin Diving (Masker dan Snorkel), GPS.

 

Ekologi

Mengembangkan penelitian ekplorasi dan pengelolaan sumberdaya hayati darat, pesisir dan laut serta potensinya dalam analisis biologi terkait perubahan lingkungan. Selain itu, bidang minat ekologi di Biologi ITS juga mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan perencanaan atau model rehabilitasi habitat dalam upaya konservasi sumberdaya hayati dan ekosistemnya.